Jasa Maklon Konveksi

jasa maklon konveksi

Kelebihan dan Kekurangan Jasa Maklon Konveksi yang Perlu Diketahui

Semakin hari, bisnis pakaian mulai berkembang di Indonesia dan dijalankan oleh para muda-mudi. Tapi, apakah proses produksi mereka lakukan sendiri atau justru menggunakan jasa maklon konveksi dari pihak lain?

Ketika hendak memulai bisnis, sebagian orang memilih untuk menggunakan jasa dari orang lain atau menggunakan jasa maklon karena dianggap lebih menghemat biaya dibandingkan dengan memproduksinya sendiri. Karena jika proses produksi dilakukan sendiri, ada banyak biaya tambahan yang diperlukan seperti untuk tempat produksi, alat-alat, dan juga tenaga produksi.

Lalu, mana yang lebih menguntungkan untuk menjalankan bisnis pakaian? Apakah menggunakan jasa maklon konveksi atau memproduksi sendiri? Apa saja kelebihan dan kekurangan dalam bisnis makloon konveksi? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan Maklon Konveksi

Dalam maklon konveksi biasanya akan dibuatkan sampel barang terlebih dahulu sebelum melakukan produksi secara masal. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam proses produksi.

Sampel harus sesuai dengan keinginan Anda sebagai pengguna jasa, jika belum cocok maka akan dilakukan revisi sampai benar-benar sesuai. Setelah sampel cocok, barang siap untuk diproduksi secara masal.

  • Jenis Perusahaan Jasa Maklon

Perusahaan maklon konveksi menjadi pilihan bagi para pengusaha garmen. Salah satu alasannya adalah karena efisiensi dan dapat menghemat anggaran.

Jika menggunakan jasa maklon, Anda hanya perlu membuat desain pakaian, memilih bahan baku, lalu menyerahkannya pada pihak penyedia jasa. Anda hanya terima barang jadi saja untuk dipasarkan.

Dalam dunia industri ada beberapa jenis makloon konveksi, antara lain:

  1. Maklon Jahit

Yang pertama adalah maklon jahit. Maklon jahit merupakan sebuah kerjasama yang berhubungan dengan kegiatan menjahit, seperti menjahit kemeja, baju, kaos, jaket, dan produk jahit lainnya.

Jasa maklon jahit menawarkan 2 pelayanan, pertama full service dan yang kedua adalah sebagian. Pelayanan tersebut dihitung sesuai tingkat kesulitan dalam membuat pola, model baju, pemotongan kain, hingga tahap menjahit dan pengemasan.

  1. Maklon Bordir

Maklon bordir adalah sebuah penawaran jasa bordir pada kaos, terutama jenis pique, polo shirt, atau polyester yang akan dikerjakan oleh pihak ketiga atau pihak penyedia jasa.

Jasa maklon bordir terlihat sangat sederhana dan sepele, tetapi menjadi salah satu yang paling banyak peminatnya di dunia konveksi.

  1. Maklon Sablon

Maklon sablon merupakan proses mengerjakan pesanan dengan fokus pada model desain kemudian dilanjutkan dengan mengisi gambar medium yang dapat diaplikasikan ke dalam bahan tas, kaos, jaket, seragam kerja, hoodie, jumper, dan masih banyak lagi.

Dalam menentukan jumlah biaya yang diperlukan, jasa maklon ini biasanya akan menghitung dari jenis bahan yang akan disablon dan juga jumlah warna yang diaplikasikan pada bahan.

  1. Maklon Press Partai

Jasa maklon press partai atau transfer paper merupakan suatu proses pengisian gambar atau menggambar dalam sebuah produk dengan tema fashion desain yang berhubungan erat dengan desain gambar untuk berbagai macam keperluan seperti kemeja event, kaos event, kerudung partai, kerudung promosi, tas event, jaket promosi, dan masih banyak lagi.

Bahan yang digunakan dalam maklon konveksi jenis ini adalah polyester dengan warna muda.

  1. Maklon Curing

Jasa maklon curing adalah proses pengerjaan finishing pada suatu produk. Dalam proses ini, produk akan dipanaskan dengan menggunakan pemanasan finishing yang berasal dari sablon plastisol.

Bahan yang bisa digunakan dalam proses maklon curing adalah bahan kaos yang terbuat dari 100 persen cotton yang dikerjakan oleh pihak penyedia jasa.

  • Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa Maklon Konveksi

Sebelum menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan jasa maklon konveksi, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu maklon.

Maklon berasal dari bahasa Belanda yaitu makloon, artinya proses pengerjaan produk yang dilakukan oleh pihak lain atau biasa disebut CMT (Cut, Make, Trims). Banyak vendor atau kovensi yang menyediakan jasa maklon ini.

Maklon konveksi biasanya menyediakan jasa dengan kategori yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada yang menyediakan jasa full produksi, yaitu semua proses produksi dikerjakan oleh penyedia jasa, dari membeli bahan baku hingga produk pakaian jadi.

Ada juga penyedia jasa yang hanya mengerjakan bagian produksi saja dan Anda bertugas untuk menyediakan bahan baku yang diperlukan.

  • Kelebihan Jasa Maklon Konveksi

Menggunakan jasa maklon konveksi dapat memberikan kemudahan bagi Anda dalam menjalankan proses produksi barang. Selain itu, Anda juga tidak perlu pusing untuk merekrut karyawan dan menyiapkan alat-alat yang akan digunakan.

Anda hanya perlu mencari jasa maklon konveksi yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas yang Anda inginkan. Namun harus tetap diingat, untuk selalu teliti dan memperhatikan jasa maklon konveksi yang terpercaya dan juga berkualitas.

Jika Anda menggunakan jasa makloon konveksi untuk memulai bisnis pakaian, Anda juga bisa lebih  fokus dalam mengembangkan produk dan merek. Karena masalah produksi bisa dipercayakan kepada jasa maklon yang terpercaya.

Dengan begitu, urusan bisnis pakaian Anda bisa sedikit lebih ringan dan Anda mempunyai banyak waktu untuk melakukan hal lain. Tetapi jangan lupa, untuk selalu mengecek progress proses produksi barang Anda ya.

  • Kekurangan Jasa Maklon Konveksi

Ada beberapa kekurangan yang harus siap Anda hadapi jika memilih menggunakan jasa maklon konveksi, diantaranya:

  • Anda tidak dapat memantau proses produksi secara langsung, maka Anda harus siap jika hasil akhir produk terkadang tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu, Anda harus rajin melakukan komunikasi dengan pihak penyedia jasa agar proses produksi berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kesalahan. Sebaiknya buatlah sampel terlebih dulu sebelum mulai memproduksi secara massal, agar terhindar dari kegagalan produksi.
  • Proses produksi bisa saja tidak sesuai atau mundur perkiraan. Tentu saja hal tersebut dapat menghambat timeline produksi dan peluncuran produk yang sudah Anda Anda dapat membuat PO form (Purchasing Order) untuk mengatasi hal tersebut. Dalam PO form tertera detail produksi barang Anda, mulai dari jenis bahan baku, ukuran, model, waktu produksi, dan lain sebagainya.

Ada tiga kategori proses produksi pakaian yang ada saat ini, yaitu Modiste, Konveksi, dan Tailor. Perbedaan ketiganya ada pada proses pengerjaannya.

Modiste merupakan sebutan untuk penjahit yang secara khusus menjahit pakaian wanita, biasanya mereka menjahit sesuai dengan pesanan pelanggan saja. Dalam memproduksi pakaian wanita, modiste masih menggunakan alat yang sederhana. Semua proses dilakukan sendiri, mulai dari mengukur, menjahit sampai proses finishing.

Konveksi merupakan kategori usaha yang ada di bidang produksi pakaian dan proses pembuatannya dalam skala besar atau masal. Usaha konveksi ini bisa dibilang home industry, terlebih jika produksinya belum terlalu besar namun muatan produksinya sudah dalam jumlah besar atau disebut juga garmen.

Tailor adalah seorang penjahit yang biasanya menjahit pakaian laki-laki, seperti kemeja, jas, atau pakaian pesta. Tipe pakaian yang dibuat oleh tailor ada dua macam, yaitu Soft Tailoring (jenis pakaian dengan bahan yang halus dan bisa mengikuti bentuk badan) dan Hard Tailoring (jenis pakaian dengan bahan yang sifatnya kaku).

  • Cara Mencari Maklon

Bagaimana cara mendapatkan jasa makloon konveksi yang memiliki kualitas bagus dan juga harganya sesuai dengan produk yang akan dibuat?

Coba perhatikan di sekitar Anda, barangkali ada penjahit yang mau menerima maklon. Karena semakin dekat dengan tempat tinggal Anda, maka akan semakin mudah untuk memantau proses produksi mereka.

Anda juga bisa bertanya kepada orang-orang yang sudah terlebih dulu menggeluti bisnis di bidang fashion dan menggunakan jasa maklon dalam proses produksinya. Dalam hal ini, Anda memerlukan jaringan yang luas agar bisa mengenal dan bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman.

Cari informasi tentang penjahit maklon lebih banyak lagi, karena bisa saja informasi yang Anda peroleh tidak sesuai keinginan.

Setelah Anda mendapatkan informasi jasa maklon konveksi,  lalu hubungi mereka dan cari tahu apakah mereka siap menjahit produk Anda. Jelaskan mengenai kriteria pakaian yang Anda inginkan, seperti dewasa/anak, pria/wanita, memakai pola/tidak, jumlah jahitan, kualitas, desain, harga jasa maklon, dan lain sebagainya.

Jika penyedia jasa sudah menyetujui kriteria yang Anda jelaskan, minta sampel terlebih dahulu yang sesuai dengan desain dan bahan pakaian Anda.

Jika sampel sudah selesai dan sesuai dengan kriteria Anda, lanjut dengan proses negosiasi harga dan sistem pembayarannya.

Penting untuk membuat kontrak tertulis dengan jasa maklon, yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.  Anda juga perlu mencantumkan beberapa saksi dalam surat kontrak.

  • Sistem atau Cara Pembayaran Jasa Maklon

Cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil jahitan dari jasa maklon konveksi yaitu dengan meminta dibuatkan sampel sebelum produksi secara masal. Jika sampel yang dikerjakan prosesnya cepat dan benar, maka proses makloon konveksi sudah bisa dianggap mampu bekerja dengan baik.

Anda bisa mengetahui biaya jahit yang sepadan dengan hasil jahitan. Caranya dengan mempertimbangkan kesulitan proses menjahit yang berhubungan dengan bahan, kerumitan desain, serta kualitas jahitannya (semakin sulit, berkualitas, maka harga semakin mahal).

Patokan biaya yang Anda keluarkan bisa didapatkan dari produsen lain yang memiliki busana yang levelnya sama dengan milik Anda. Tetapi Anda juga harus memperhitungkan jumlah produksi setiap desainnya. Jika jumlahnya semakin banyak, maka biayanya akan semakin murah.

Cara Membayar Biaya Jasa Maklon Konveksi

  • Membayar semua biaya untuk jasa maklon setelah hasil produksi selesai, tanpa menunggu hasil dari QC. Hal ini bisa Anda terapkan pada penyedia jasa yang memiliki persentase kesalahan yang sangat kecil.
  • Membayar sebagian terlebih dulu sekitar 50 persen, setelah hasil produksi selesai sebelum proses QC dan sisanya setelah selesai QC. Anda bisa menerapkan pembayaran dengan cara ini kepada penyedia jasa dengan pengalaman minimal satu tahun bekerja sama dengan Anda, dengan kesalahan minimal 10 persen selama 3 koleksi berturut-turut.
  • Membayar semua biaya kepada jasa maklon setelah proses QC selesai dan pembayaran diberikan untuk produk yang sudah lolos QC saja. Sisa pembayaran bisa diserahkan setelah produk yang tidak lolos QC diperbaiki dan lolos QC kembali. Cara ini dapat diterapkan kepada penyedia jasa baru atau penyedia jasa lama dengan tingkat kesalahan yang besar.

Bagi Anda yang ingin menerapkan cara kedua dan ketiga, QC dapat dilakukan secepat mungkin agar proses pembayaran tidak ditunda terlalu lama. Buat kesepakatan bersama penyedia jasa sebelum proses produksi dimulai, agar tidak ada kesalahan pada hasil jahitan dan tidak perlu diperbaiki lagi.

Pembayaran dapat diberikan sebanyak 50 persen atau tidak dibayarkan sama sekali atau penggantian bahan jika terjadi kesalahan yang sangat fatal dengan jumlah yang sangat banyak. Proses menjahit yang mengalami kegagalan dengan jumlah yang besar akibat penjahit maklon baru, bisa saja terjadi.

  • Kontrak Tertulis dengan Jasa Maklon Konveksi

Perlu adanya kontrak tertulis antara pihak pengguna jasa dengan pihak penyedia jasa. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau sesuai harapan, maka kedua belah pihak dapat mengatasinya dengan baik. Baik penyedia jasa atau pengguna jasa akan lebih teliti dan hati-hati dalam melakukan tugasnya masing-masing.

Contoh isi kontrak tertulis antara penyedia jasa dengan pengguna jasa adalah sebagai berikut:

  1. Pihak yang terlibat (yang akan menandatangani kontrak) biasanya ada 2, yaitu pihak penyedia jasa dan pengguna jasa.
  2. Hak dan kewajiban pihak pertama (penyedia jasa).

  • Menerima bahan baku untuk sampel dari pengguna jasa
  • Pembuatan sampel, waktu mengerjakan, ongkos jahit, penalti jika terlambat atau terjadi kesalahan dalam membuat sampel
  • Menerima bahan jahit dan menyelesaikan jika terdapat kecacatan dan kekurangan bahan baku
  • Pihak mana yang akan membuat pola pakaian
  • Kualitas jahitan dan cara menjahit perlu disebutkan termasuk ke dalam persyaratan
  • Waktu pengerjaan dan penalti yang akan diberikan seperti apa, jika mengalami gagal jahit dan mengalami keterlambatan
  • Waktu inspeksi ke penyedia jasa (jika diperlukan)
  • Jika proses produksi sampai proses packing, kondisi packing yang diinginkan juga disebutkan.
  1. Hak dan kewajiban pihak kedua (pengguna jasa):

  • Menyerahkan bahan baku
  • Mengambil/menerima hasil jahitan
  • Sistem pembayaran.

Jika ada jasa maklon konveksi yang sudah bagus dan berkualitas, tetapi belum ada kontrak tertulisnya maka Anda perlu menerapkan hitam diatas putih untuk melindungi hak dan kewajiban dari pengguna dan penyedia jasa. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi masalah dalam proses produksi  nantinya.

Anda juga bisa memberikan edukasi kepada pihak penyedia jasa tentang pentingnya membuat kontrak tertulis sebelum memulai kerjasama.

Dalam memastikan bahwa proses produksi berjalan dengan baik dan lancar oleh jasa maklon konveksi, Anda perlu mengontrol semua prosesnya. Biasanya disebut dengan “inspeksi” maklon yang bisa Anda lakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu atau 2 hari sekali jika diperlukan. Hal ini tergantung dari kualitas maklon dan juga kerumitan desain produknya.

Setiap jasa makloon konveksi harus disertai dengan surat jalan dan juga worksheet yang jelas. Semua spesifikasi termasuk petunjuk dan ukuran ada dalam worksheet hingga semua detailnya jelas.

Perjanjian tertulis diperlukan untuk melindungi pihak penyedia jasa dan juga pihak pengguna jasa. Selain itu, hak dan kewajiban dari keduanya juga jelas, karena tertulis dalam perjanjian. Perjanjian yang dilakukan secara lisan juga perlu didokumentasikan agar tidak terjadi kesalahpahaman jika ada kesalahan dalam proses produksi.

Pihak penyedia jasa juga mempunyai kesulitan yang cukup besar dalam mengatur sumber daya penjahitnya. Terkadang mereka mau menjahit, jika diberikan uang muka terlebih dulu. Barang belum selesai dijahit, sudah ditinggal oleh penjahit yang pindah ke konveksi lain.

Bagi pihak penyedia jasa maklon konveksi, jika penjahit belum selesai mengerjakan jahitannya sebaiknya jangan diberi upah terlebih dulu. Jika mereka memerlukan uang, bisa diterapkan sistem kasbon dengan aturan yang jelas.